A. Konvergensi Media
Media massa
mengalami beberapa tahap perubahan, transportasi bahkan bermetamorfosis. Menurut
Roger Filder media berkembang dengan nama mediamorfosis. Dan mediamorfosis ini
memiliki 3 konsep, yaitu : koevolusi, konvergensi, dan kompleksitas. Roger filder
juga mendefinisikan mediamorfosis sebagai transformasi media komunikasi yang
biasanya timbul akibat hubungan timbal balik yang rumit antara berbagai
kebutuhan yang dirasakan, tekanan persaingan politik, serta berbagai inovasi
sosial dan teknologi.
Konvergensi
media ternyata bukan hanya berpengaruh pada proses jurnalistik, tetapi juga
menyangkut ke berbagai aspek kehidupan. Singkat kata, konvergensi media bakal
menghadirkan konstruksi sosial media baru yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Menurut Stuart
Hall, makna tidak tergantung pada struktur makna itu sendiri, tetapi pada
praktik pemaknaan, sebab makna adalah produksi sosial, suatu praktik. Tayangan,
tulisan juga siaran yang dilontarkan dan menjadi perbincangan khalayak disebut
wacana(discourse). Makin besar
wacana yang dihasilkan melalui media, makin besar peluang memproduksi makna
untuk khalayak.
Strategi
itu digunakan oleh Kompas Grup, Media Grup dan MNC Grup. Berdasarkan hasil 3x
riset Remotivi-lembaga inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi
di Indonesia- bahwa televisi kita hari ini adalah televisi satu dimensi. Masing-masing
memiliki agenda politik tersendiri; agenda politik tersembunyi(political
hidden agenda).
Dalam konteks
percepatan produksi berita sesungguhnya profesi wartawan merupakan profesi yang
terjajah; profesi yang tidak memiliki pencerahan kecuali bekerja, bekerja dan
bekerja; profesi mekanistik mesin; harusterus berproduksi karena tuntutan
permodal. Tidak penting wartawan menghasilkan tulisan bagus atau memproduksi
analisis mendalam kalau tidak laku dijual. Berita buruk atau berita pesanan pun
jadi yang terpenting laku dijual, menghasilkan laba; perusahaan untung.
Menurut Yuyan
Ernest Zhang menyatakan bahwa kovergensi sebagai sesuatu yang tidak terelakan
di era digital. Disini diutuhkan strategi untuk terus bertahan dan berkembang,
ada tiga factor yang menyebabkan konvergensi tidak bisa dihindari, yakni : proses
organisasi dari atas kebawah(top-down process), proses tekanan dari
konsumen, dan pengendalian melalui teknologi digital.
Komentar
Posting Komentar